Kosakata Keren dalam Bahasa Jepang

Namun meskipun tidak terdapat dalam kamus, bukan berarti slang bahasa Jepang tidak penting untuk dipelajari. Kosakata slang seperti inilah yang paling sering Anda temukan di dalam anime/manga bahkan dalam film dan drama Jepang lainnya. Supaya Anda mengerti percakapan saat menonton anime atau film favorit, maka ada baiknya Anda mempelajari juga tentang bahasa gaul atau slang dalam bahasa Jepang. Yuk, langsung simak pembahasan di bawah ini.

Kosakata Keren dalam Bahasa Jepang

1. Ossu! (おっす!)

Awal mulanya, kata ini merupakan sebuah kata formal yang biasa digunakan oleh tentara Jepang dan beberapa atlet bela diri Jepang. Namun saat ini, kata ini menjadi salah satu slang untuk mengucapkan “halo” dan umumnya digunakan oleh anak muda Jepang untuk menyapa teman saat bertemu.

2. KY

Dua huruf ini merupakan singkatan dari Kuuki yomenai (空気読めない) yang artinya seseorang yang kurang bisa melihat situasi. Kata ini digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang benar-benar “polos” atau orang yang memang tidak bisa bergaul sehingga sulit membaca situasi.

3. Kimoi (キ モ い)

Kata ini berasal dari Kimochi warui yang artinya menjijikan, mengerikan, atau menggelikan. Kimoi adalah kata yang menyenangkan untuk digunakan di dalam berbagai situasi. Apabila Anda melihat sesuatu yang menurut Anda kotor, Anda bisa menggunakan kata ini.

4. Yabai (ヤバイ)

Secara harfiah Yabai memiliki arti “berbahaya”, biasanya digunakan oleh kalangan remaja Jepang untuk mengekspresikan kekaguman atau terpesona. Istilah ini setara dengan menyebut sesuatu “liar” atau “gila”, dan dapat digunakan dengan makna positif maupun negatif.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  Mengungkap Wilayah Oranye Asli, California

5. Maji de (まじで)

Kata ini bisa digunakan untuk pertanyaan, “apa kamu serius?” atau kasarnya berarti “benarkah?”. Bisa juga digunakan untuk menambah penekanan pada suatu kalimat, misalnya “Maji de yabai” yang artinya “benar-benar gila”.

6. Kamacho (かまちょ)

Kamacho merupakan kependekkan dari Kamatte choudai (構ってちょうだい), yang bisa diartikan menjadi “ayo hangout bersamaku, ku mohon”. Slang ini biasanya populer di kalangan gadis muda Jepang.

7. Donmai! (ドンマイ!)

Kata donmai adalah frasa Jepang-Inggris yang diambil dari kata “Don’t mind”. Arti yang dimiliki pun sama, yakni digunakan ketika mengucapkan “tidak masalah!” atau “jangan khawatir”.

8. Busukawa (ブスカワ)

Busukawa ini merupakan gabungan kata dari Busaiku yang berarti “jelek” dan Kawaii yang artinya “imut”, kata slang ini biasanya digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang jelek atau aneh, namun pada saat yg bersamaan juga terlihat imut.

9. Uzai (うざい)

Kata ini adalah kependekkan dari Uzattai atau Urusai yang artinya berisik atau menyebalkan. Kata slang ini sangat praktis digunakan untuk mengeluh atau melakukan komplain apabila ada seseorang atau sesuatu yang membuat Anda merasa terganggu.

10. Mendoi (めんどい)

Kata slang Mendoi digunakan sebagai cara lain untuk mengekspresikan bahwa seseorang atau sesuatu membuat Anda kesal dan merepotkan. Kata ini kependekkan dari Mendoukusai ( 面倒くさい) yang artinya merepotkan, misalnya “benar-benar merepotkan!”.