Instagram Reels Resmi Hadir di Indonesia, Ini Cara Mudah Menggunakannya!

INSTAGRAM Reels resmi hadir di Indonesia. Fitur baru yang dihadirkan untuk menyaingi TikTok ini disambut positif para pengguna Instagram, termasuk di Tanah Air.

Reels mengajak pengguna Instagram membuat video dan dibagikan kepada siapa pun. Reels digunakan untuk merekam dan mengedit video multiclip 15 detik dengan bantuan audio, efek, dan fitur kreatif lainnya.

Baca Juga  Teknologi Dapur Inovatif yang Harus Segera Dimiliki Sekarang

 

Pengguna dapat berbagi hasilnya dengan para pengikut di Feed. Lalu jika mengatur akun terbuka untuk publik, Reels bisa dilihat oleh lebih banyak orang.

Reels di tab Explore menawarkan siapa pun kesempatan untuk menjadi pembuat konten di Instagram dan menjangkau penonton baru di jaringan global.

Instagram. (Foto: Business Insider)

Seperti dilansir laman resmi Instagram, cara membuat Reels cukup mudah. Pilih Reels di bagian bawah kamera Instagram.

Kemudian akan muncul berbagai tools pengeditan kreatif di sisi kiri layar untuk membantu membuat Reels. Tools tersebut termasuk Audio, AR Effect, Timer and Countdown, Align, serta Speed.

Baca Juga  7 Cara Jadi Youtuber bagi Pemula, Yang harus Kamu Ketahui

Reels dapat direkam dalam serangkaian klip (satu per satu), sekaligus, atau menggunakan unggahan video dari galeri ponsel. Rekam klip dengan menekan dan menahan tombol ambil.

Pengguna juga akan melihat indikator kemajuan di bagian atas layar saat merekam. Lalu berhenti merekam untuk mengakhiri setiap klip.

 

Seperti dijelaskan sebelumnya, Reels dapat dibagikan kepada para pengikut dan dapat ditemukan oleh komunitas Instagram yang besar dan beragam di tab Explore.

Setelah Reels yang dibuat sudah siap, pindah ke layar berbagi. Di sini pengguna dapat menyimpan draf Reels, mengubah gambar sampul, menambahkan keterangan dan tagar, atau menandai teman.

Baca Juga  Membuat Video YouTube: Tips Keamanan Yang Harus Anda Ketahui

Setelah membagikan Reels, hasilnya akan ditampilkan di tab Reels yang terpisah di profil, sehingga orang-orang dapat menemukan Reels yang telah dibagikan dengan mudah.

Jika pengguna juga membagikan ke Feed, Reels akan muncul di kisi profil utama, meskipun penggunamemiliki opsi untuk menghapusnya.

Baik menggunakan akun publik atau pribadi, pengguna dapat membagikan Reels ke Instagram Stories, teman dekat, atau dalam pesan langsung.

Jika pengguna membagikannya, Reels akan berfungai seperti Stories, yakni tidak akan dibagikan ke Reels di Explore, tidak akan muncul di profil, dan akan hilang setelah 24 jam.

Baca Juga  Manfaaat Bikin Akun Youtube

 

Reels yang muncul di Explore merupakan trending terbaik di Instagram. Pengguna bisa menemukan Reels yang dibuat oleh siapa pun di Instagram.

Jika menyukai Reels di Explore, pengguna dapat dengan mudah menyukai, berkomentar, atau membagikannya kepada teman-teman.

Pengguna juga bisa melihat beberapa Reels dengan label “Featured”. Jika Reels pengguna ditampilkan di Explore, maka akan menerima pemberitahuan.

Baca Juga  5 Cara Melamar Kerja Lewat Email Yang Benar Agar Bisa Diterima .

Reels unggulan adalah pilihan Reels publik yang dipilih oleh Instagram untuk membantu pengguna lain menemukan konten asli yang diharapman dapat menghibur dan menginspirasi.

Reels memberi orang cara baru untuk mengekspresikan diri, menemukan lebih banyak hal yang mereka sukai di Instagram, dan membantu siapa saja yang berambisi menjadi pembuat konten untuk menjadi pusat perhatian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *