Cuaca Paling Ekstrem Masih Melanda Karawang, Warga Diminta Tetap Waspada

Sebagian besar wilayah Karawang masih berpeluang hujan selama satu pekan ke depan, di tengah fenomena suhu panas terik yang terjadi di sejumlah daerah.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, H. Yasin Nasrudin mengatakan, berdasarkan Prospek Cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor, hingga pertengahan Mei 2022 mendatang sebagian wilayah Jawa Barat akan mengalami cuaca ekstrem.

Dikatakan dia, Kabupaten Karawang dilanda cuaca ekstrem sejak beberapa hari terakhir.

Terpantau sejak Minggu, 8 Mei 2022 terjadi fenomena suhu panas yang begitu terik, kemudian pada Senin, 9 Mei 2022 sore langit mendung pekat dan terjadi hujan.

“Kondisi ini berpotensi memicu hujan sedang maupun sangat lebat hingga ekstrem dan dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang. Hujan masih berpeluang terjadi selama satu pekan ke depan mulai dari Senin hingga Minggu 15 Mei 2022, terjadi sore menjelang malam hari,” ujarnya seperti dikutip prfmnews.id melalui laman Instagram @diskominfokrwkab.

Dia menambahkan, hal ini berdasarkan Prospek Cuaca Ekstrem Mingguan di sejumlah wilayah Jawa Barat, mulai dari Senin 9 Mei hingga Minggu 15 Mei 2022 Kabupaten Karawang masuk ke daftar wilayah cuaca ekstrem dari BMKG.

Untuk mengantisipasi bencana alam akibat cuaca ekstrem, lanjut H. Yasin, pihaknya mengimbau warga Karawang selalu meningkatkan kewaspadaan di sekitar tempat tinggal sepeti jika terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

β€œMasyarakat tetap harus waspada dan mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrem dalam satu pekan ini,” ungkapnya.***

π™π™§π™šπ™£π™™π™žπ™£π™œ  Salat Tarawih Bisa Tidak Jaga Jarak? Inilah Penjelasan Kemenkes