Cara Menanam Bawang Merah Untuk Dirumah

Selama pandemi berlangsung, banyak orang menghabiskan waktu dengan berkebun di rumah. Apa Bunda salah satunya?

Menanam berbagai jenis sayuran termasuk bawang merah menjadi kegiatan rumahan yang bisa mengusir kebosanan. Selain itu, menanam bawang merah sendiri tentu membuat Bunda lebih hemat.

Apa Bunda pernah mencoba menanam bawang merah, tapi sering gagal? Mungkin cara menanam bawang merah yang diberikan oleh YouTuber Sugianto Bro ini bisa menjadi inspirasi.

 

Apa Bunda pernah mencoba menanam bawang merah, tapi sering gagal? Mungkin cara menanam bawang merah yang diberikan oleh YouTuber Sugianto Bro ini bisa menjadi inspirasi.

 

Berikut cara menanam bawang merah agar cepat tumbuh. Tidak hanya itu, dari satu bawang merah bisa tumbuh menjadi banyak lho, Bunda.

Cara menanam bawang merah/YouTube
Cara menanam bawang merah/YouTube Sugianto Bro

1. Siapkan Bawang Merah

Sebelum menanam bawang merah, tentu Bunda perlu menyiapkan bawangnya terlebih dahulu. Ambil beberapa bawang merah yang masih kering lalu kupas dan bersihkan.

2. Potong Bawang Merah

Cara menanam bawang merah selanjutnya dengan memotongnya. Potong bawang merah menjadi dua bagian. Kunci agar bawang merah cepat tumbuh tunas dengan memotong bawang merah.

3. Ambil Gelas Plastik

Wadah yang digunakan kali ini untuk menanam bawang merah menggunakan botol plastik. Tidak lupa bolongi terlebih dahulu bagian bawah gelas plastik sebelum menanam bawang merah.

Cara menanam bawang merah/YouTube
Cara menanam bawang merah/YouTube Sugianto Bro

4. Siapkan Media Tanam Cocopeat

Media tanam bawang merah kali ini menggunakan cocopeat atau sabut kelapa. Isi gelas plastik dengan cocopeat sampai tiga per empatnya. Kemudian lembapkan media tanam.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  Cara Menanam Bawang Putih Di Rumah

5. Masukkan Bawang Merah

Ambil bawang merah yang sudah dipotong kemudian letakkan ke dalam tengah gelas yang sudah berisi cocopeat. Cara menanam bawang merahnya dengan memastikan bagian yang terpotong berada di sisi atas. Tekan sedikit ke arah dalam.

6. Siram Air

Setelah memasukkan bawang merah, siram cocopeat menggunakan sedikit air. Namun jangan sampai terkena bawang merahnya ya, Bunda. Cocopeat mudah kering sehingga perlu dijaga kelembapannya setiap hari. Hindari pula air hujan.

7. Pindahkan ke Wadah Lebih Besar

Setelah bawang merah tumbuh tunas dan daun, pindahkan media tanam ke dalam wadah yang lebih besar. Coba memakai polybag jika tidak ada wadah yang lebih besar agar bawang merah bisa cepat tumbuh dan menjadi banyak.