Cara Memelihara Ikan Guppy , Jenis Dan Harga

Ikan Hias banyak dicari orang karena punya corak yang indah dan mudah dirawat. Ikan yang berasal dari anggota suku Poecilidae ini, dijuluki juga sebagai ikan seribu. Soalnya, ikan guppy sangat mudah berkembang biak. Namun, ada ikan ini memiliki berbagai jenis. Penasaran apa saja itu? Simak berikut ini.

16 Jenis-jenis ikan guppy yang banyak dicari dan Harganya

Ikan guppy punya beragam corak, aslinya ada lebih dari 40 jenis hasil hybrid atau persilangan yang sudah dikembangbiakkan oleh para pembudidaya. berikut adalah kisaran harga ikan guppy berdasarkan jenisnya yang paling banyak dicari.

1. Ikan Guppy Cobra

ikan guppy cobra

Warna permukaan kulitnya bercorak seperti ular. Pada ikan guppy cobra jantan ekornya didominasi warna kuning, putih, dan hitam, sedangkan tubuhnya berwarna biru hitam dengan corak persis ular. Tampilannya yang menari menjadi daya tarik tersendiri. Harganya termasuk tinggi, semakin cera warnanya dan unik coraknya maka semakin mahal harganya, paling murah Rp 250.000 per pasang.

2. Ikan Guppy Albino

ikan guppy albino

Termasuk ikan guppy jenis platinum, punya mata merah khas albino, buntut ekor sirip serta dayungnya berwarna putih susu, sedangkan tubuhnya berwarna putih susu dengan sedikit aksen silver dan orange muda. harganya mencapai Rp 50.000  Rp 350.000 per pasangnya. Untuk ikan guppy albino yang berwarna full white kisaran harganya Rp 400.000 per pasang.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  Cara Memelihara Ikan Black Ghost Yang Perlu Kamu Ketahui

3. Ikan Guppy Japan Blue

ikan guppy japan blue

Punya warna dominan biru muda seperti warna langit cerah di ekornya dengan perpaduan warna putih yang jarang sehingga seperti gradasi, tubunya berwarna putih kuning.

Sangat cantik perpaduan warnanya, ia asli dari jepang, berkembang secara liar dan kini banyak dibudidayakan. Harganya sekitar Rp 100.000 – Rp 350.000 per pasang.

4. Ikan Guppy Tuxedo

ikan guppy tuxedo

Berbadan gelap yang hampir menutup setengah badannya, biasanya hitam dan biru tua, bentuk siripnya unik seperti tuxedo dengan warna putih kekuningan yang kontras dengan tubunya. Harganya mulai Rp 200.000 per pasang.

5. Ikan Guppy Metallic

ikan guppy metallic

Memiliki warna kulit biru tua atau abu-abu metalik, dimana terdapat sisik berwarna putih mengkilat yang jarang, keunikannya ini menjadi daya tarik tersendiri. Harganya mulai Rp 200.000 sepasang.

6. Ikan Guppy Magenta

ikan guppy magenta

Berasal dari Indonesia, mudah ditemui dan sering menjadi andalan untuk menjadi hiasan akaurium. Warna dasarnya pink, dengan sisik berwarna biru, putih dan merah yang membentuk corak indah. Ekornya umumnya dominan merah menyala. Harganya mulai Rp 50.000 per pasang untuk ukuran kecil, ukuran dewasa mencapai Rp 250.00 sepasang.

7. Ikan Guppy Mosaic

ikan guppy mosaic

Aslinya berasal dari Singapura, pertama kali dihasilkan disana. Cirinya memiliki motif gelombang di ekor dan siripnya, tersusun sangat rapi dengan perpaduan warna biru, hitam, dan putih yang menyala. Sedangkan tubuhnya berwarna hijau kebiruan. Termasuk jenis yang jarang, susah didapatkan. Harga jualnya untuk kualitas paling bagus Rp 400.000 per 2  pasang.

8. Ikan Guppy Red Moscow

Disebut guppy merah tebal karena memiliki warna yang memang merah tebal dan pekat di seluruh tubuh serta ekornya.

ikan guppy red moscow

Kisaran harganya sesuai dengan kualitas. Kualitas rendah atau benih Rp 5.000 per ekor. Kualitas sedang atau ikan guppy muda Rp 100.000 per pasang, sedangkan ikan guppy red moscow yang bagus kualitasnya atau pernah juara kontes mencapai Rp 200.000 – Rp 300.000 per pasang.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  8 Tips Memelihara Kucing Agar Tetap Sehat Terawat

9. Ikan Guppy Grass

ikan guppy grass

Masih satu gen dengan ikan guppy mosaic. Warna coraknya sangat uni berupa lukisan di ekornya dengan perpaduan warna hitam, merah, dan biru. Nampak seperti lukisan yang transparan. tubunya berwarna putih dengan paduan merah dan biru pula. Harganya mulai dari Rp 300.000 per pasang.

10. Ikan Guppy Leopard

ikan guppy leopard

Punya warna kulit seperti namanya, memiliki bercak tebal dan acak di seluruh tubuh dan sirip serta ekornya. Anda bisa mendapatkan jenis ini dengan mengkawinsilangkan jenis cobra dan polos. Harga mulai Rp 50.000 per pasang.

11. Ikan Guppy Young Pair Champion Purple

ikan guppy Young Pair Champion Purple

Adalah ikan guppy berjenis sangat langka. Harganya bahkan mencapai Rp 1 juta per ekornya. Coraknya polos dengan warna biru muda berpadu dengan biru tua dan ekornya ungu kebiruan. Unik karena nampak seperti bercahaya keunguan.

12. Ikan Guppy Multicolor

ikan guppy multicolor

Memiliki minimal 3 warna di tubuhnya baik di ekor maupun sirip serta kepala dan perutnya. Punggung dan siripnya harus memiliki perpaduan warna yang sama. Harganya mulai Rp 200.000 sepasang.

13. Ikan Guppy Swordtail

ikan guppy swordtail

Ikan guppy swordtail paling mudah dikenali daripada jenis lain, yakni dari ekornya yang menyerupai pedang lurus lancip dan memanjang, tidak melebar seperti ikan guppy lainnya. Ada 2 jenis yakni tunggal dan ganda, sedangkan warnanya bervariasi. harganya lebih mahal sekitar Rp 350.000 sepasangnya.

14. Ikan Guppy Metal Yellow Lace

ikan guppy yellow lace

Termasuk salah satu jenis ikan guppy yang unik, ekornya punya corak berkilau seperti metal kekuningan, tubuhnya kuning cenderung orange, warna ekornya lebih gelap dari tubuhnya dan terlihat bercahaya. Paling murah dijual seharga Rp 50.000 per ekor.

15. Ikan Guppy Red Blonde

ikan guppy blonde

Warnanya kontras dan banyak beredar di Indonesia. Tubuhnya putih dan ekornya merah seperti bendera Indonesia. Harganya terjangkau mulai Rp 50.000 sepasang.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  Cara merawat kucing anda tetap sehat

16. Ikan Guppy Platinum

ikan guppy platinum

Adalah ikan guppy halfmoon yang mahal harganya, hal ini karena warna utuhnya bergradasi. Di bagian tengahnya berwarna hitam silber dengan ekor putih menyala dan bergradasi warna orange, pink, atau lainnya. Harganya mulai Rp 400.000 per pasang.