9 Manfaat Jamur Kuping untuk Tubuh Kita

Jamur adalah salah satu bahan makanan yang juga banyak digemari masyarakat. Salah satu jamur yang sering dijadikan sebagai bahan makanan adalah jamur kuping. Anda mungkin pernah menemukan jenis jamur ini dalam hidangan kuah atau tumis.

Jamur kuping merupakan jamur yang tumbuh di atas kayu, dan berbentuk seperti kuping atau telinga. Selain bisa digunakan sebagai bahan makanan, jamur kuping juga menyimpan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Jamur kuping kaya akan vitamin B, mineral dan antioksidan. Selain itu, jamur ini juga mengandung natrium, karbohidrat, dan serat. Senyawa tertentu dalam jamur kuping bahkan telah dikaitkan dengan manfaat sebagai obat.

Dengan nutrisi yang dikandungnya tersebut, tak heran jika jamur kuping memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan kita. Melansir dari laman healthline.com, berikut manfaat jamur kuping untuk kesehatan tubuh kita.

1. Antioksidan Kuat

Manfaat jamur kuping yang pertama adalah kandungan antioksidannya yang kuat. Jamur, termasuk spesies Auricularia, umumnya mengandung antioksidan yang tinggi. Senyawa dari tanaman ini bermanfaat untuk membantu memerangi stres oksidatif dalam tubuh Anda, yang telah dikaitkan dengan peradangan dan berbagai penyakit.

Terlebih lagi, jamur sering kali memiliki kandungan antioksidan polifenol yang kuat. Diet tinggi polifenol dikaitkan dengan risiko kanker dan kondisi kronis yang lebih rendah, termasuk penyakit jantung.

2. Meningkatkan Kesehatan Usus

Mirip dengan berbagai jamur lainnya, jamur kuping juga menawarkan prebiotik, terutama dalam bentuk beta glukan. Prebiotik adalah sejenis serat yang memberi makan mikrobioma usus Anda, atau bakteri ramah di usus Anda. Sehingga manfaat jamur kuping ini bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dan menjaga keteraturan usus.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  Jamur Merang Pangan Favorit Bergizi Tinggi

Menariknya, mikrobioma usus juga berkaitan erat dengan kesehatan kekebalan tubuh. Prebiotik seperti yang ada dalam jamur kuping hitam dianggap dapat meningkatkan respons kekebalan Anda terhadap patogen yang tidak ramah yang mungkin dapat membuat Anda sakit.

3. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Manfaat jamur kuping juga bisa digunakan sebagai penghambat pertumbuhan bakteri. Dari liputan6.com, sebuah studi di tahun 2015 menyatakan bahwa jamur kuping hitam memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu menangkal peregangan bakteri tertentu.

Studi yang dilakukan menunjukkan bahwa jamur kuping hitam ini memiliki kemampuan untuk memblokir pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan juga bakteri E.coli yang dapat membuat tubuh mengalami infeksi.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Jamur dianggap sebagai makanan yang dapat menjaga kesehatan fungsi otak. Satu penelitian tabung reaksi mengungkapkan bahwa manfaat jamur kuping dan jamur lainnya bisa menghambat aktivitas sekretase beta, enzim yang melepaskan protein beta amiloid. Protein ini beracun bagi otak dan telah dikaitkan dengan penyakit degeneratif, seperti Alzheimer. Meskipun temuan ini menjanjikan, penelitian pada manusia masih diperlukan.

5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat jamur kuping berikutnya yaitu untuk menurunkan kolesterol. Polifenol dalam jamur dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol LDL (jahat). Dengan menurunnya tingkat kolesterol LDL, juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Satu studi pada kelinci yang diberi jamur kuping menemukan bahwa kolesterol total dan LDL (jahat) menurun secara signifikan. Namun, para peneliti masih belum yakin secara pasti bagaimana jamur bisa menimbulkan efek tersebut, dan satu penelitian jamur kuping pada hewan tidak selalu berlaku untuk manusia.

6. Menurunkan Berat Badan

Jamur kuping hitam juga memiliki manfaat yang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena kandungan serat yang tinggi dalam jamur kuping hitam, serta kandungan kalori yang sangat rendah, sehingga jamur ini cocok dijadikan sebagai referensi menu diet andalan. Bersama dengan pola makan serta olahraga secara rutin, dapat memberikan hasil penurunan berat badan yang maksimal.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  5 Manfaat Mengejutkan Jamur Shitake

7. Melindungi Hati

Jamur kuping hitam dapat melindungi hati Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh zat tertentu. Dalam sebuah penelitian pada tikus, larutan air dan bubuk jamur hitam membantu membalikkan dan melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh overdosis asetaminofen. Peneliti mengaitkan efek ini dengan sifat antioksidan kuat yang dimiliki oleh jamur.

8. Cegah Pembekuan Darah

Manfaat jamur kuping juga bisa bekerja sebagai anti koagulan atau pengencer darah sekaligus penghambat pembekuan darah. Jika pembekuan darah bisa teratasi maka sirkulasi darah akan semakin terjaga dengan baik. Berbagai macam komplikasi dan penyakit seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit terkait pembuluh darah juga bisa dicegah lebih dini.

9. Mencegah Anemia

Manfaat jamur kuping yang terakhir dapat mencegah anemia. Salah satu penyebab anemia adalah kurangnya asupan zat besi pada tubuh. Jamur kuping hitam dikenal memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi, sehingga dinilai mampu mencegah penyakit anemia. Satu porsi jamur kuping ini dapat memenuhi kebutuhan zat besi Anda sekitar 9 – 21% dari kebutuhan harian.