8 Jenis Ikan Cupang Hias yang Mudah Dipelihara!

Jenis ikan cupang ada beragam, baik dari segi pemeliharaan, kecantikan warna, bahkan hingga segi harga yang fantastis. Namun tak perlu khawatir, ada sejumlah jenis ikan cupang hias yang mudah dipelihara dan dengan harga terjangkau.

Memiliki ikan cupang hias akan menjadi kegiatan penghilang stres. Hal ini berdasarkan sejumlah penelitian yang menyebutkan mendengar gemercik air dan melihat warna-warni ikan akan membuat pikiran lebih ringan.

Apalagi memelihara ikan cupang hias tidaklah sulit. Cukup dengan membeli akuarium kecil atau toples kaca tak terpakai, serta makanan ikan. Sebagai ikan dengan habitat di Asia Tenggara, cupang hias tentu mudah didapatkan.ikan cupang

Berikut beberapa jenis ikan cupang hias yang mudah dipelihara, cocok untuk anak-anak hingga dewasa seperti dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (10/8).

1 Ikan Cupang Giant

Sesuai dengan namanya, jenis ikan cupang giant memiliki ukuran cukup besar yakni mencapai 12 sentimeter. Jenis ikan ini hasil kembangbiakan breeder dari Thailand.

Cupang ini termasuk sangat agresif. Meski begitu, lantaran tubuh yang besar jadi tak selincah ikan cupang pada umumnya. Biasanya jenis cupang ini dibanderol dengan harga Rp25.000 dan untuk indukan sebesar Rp90.000.

2 Ikan Cupang Plakat

Jenis ikan cupang hias selanjutnya memiliki penampilan yang cukup sangar, dialah ikan cupang plakat. Namanya berarti ikan petarung. Banyak yang memeliharanya sebagai ikan hias karena warna dan siripnya yang tegas.

Siripnya tampak indah dengan perpaduan warna yang cerah. Jenis ikan cupang satu ini bisa dibanderol dengan harga Rp200 ribu. Bahkan yang paling mahal bisa mencapai Rp2 juta.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  8 Jenis Ikan Oscar Yang Paling Di Cari

3 Ikan Cupang Fancy

Jenis berikutnya ada ikan cupang fancy. Tak sedikit yang berminat karena kombinasi warna di tubuhnya, sirip dan ekor yang memukau.

Tergolong jenis ikan cupang hias dengan kualitas istimewa. Jenis ini pertama kali dipopulerkan oleh peternak ikan dari Thailand.

Ikan cupang fancy biasa dijual dengan harga Rp100 ribu. Sementara untuk indukan dikisaran Rp300 ribu dan yang pernah juara sekitar Rp2 jutaan.

4 Ikan Cupang Double Tail

Jenis ikan cupang double tail memiliki ekor yang bercabang atau ganda yang sangat indah. Siripnya pun tampak lebar.

Sayangnya jenis ini terbilang sulit untuk dikembangbiakkan. Hal itulah yang membuatnya langka. Bahkan banyak peminatnya karena keunikan dari siripnya tersebut.

5 Ikan Cupang Slayer

Jenis ikan cupang hias selanjutnya adalah hasil perkawinan antara cupang halfmoon dan cupang serit. Ikan cupang slayer menjadi favorit banyak orang karena warna ekornya yang memesona.

Warna terangnya begitu menarik. Bahkan sempat menjadi tren di kalangan anak-anak di sekolah. Baik untuk aduan maupun ikan hias. Untuk harganya dibanderol dari kisaran Rp25 ribu hingga Rp300 ribu.

Baca Juga : 6 Jenis Ikan Cupang Blue Rim Populer, Ciri & Cara Merawatnya

6 Ikan Cupang Serit

Ikan cukup crown tail atau serit yang berarti ‘ekor mahkota’. Sesuai dengan namanya, ikan cukup serit jika dibalik akan menyerupai bentuk mahkota.

Sobekan pada sirip dan ekor membuat jenis ikan cupang ini kian menarik. Tak sedikit yang mengajukannya di ajang lomba internasional betta.

Kisaran harga anakan ikan cupang serit dibanderol Rp15 ribuan. Sedangkan untuk indukan bisa sekitar Rp60 ribu sampai Rp300 ribuan.

7 Ikan Cupang Halfmoon

Jenis ikan cupang yang terbilang paling cantik ialah cupang halfmoon atau bulan setengah atau sabit. Sesuai dengan namanya, karena bentuk ekor dan siripnya seolah-olah menyatu lalu menyerupai bulan.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  5 Cara Merawat Burung Lovebird Agar Berkualitas

Cupang halfmoon dikenal juga dengan julukan big ear. Dari bentuknya, begitu kentara keanggunan dan kecantikan yang terpancar.

Jenis ikan cupang ini merupakan hasil perkawinan yang dilakukan oleh breeder asal Amerika Serikat, yakni Peter Goettner. Untuk harga anakan halfmoon dibanderol dengan Rp40 ribu. Sementara indukannya bisa mencapai Rp80 sampai Rp100 ribu.

8 Ikan Cupang Black Samurai

Jenis ikan cupang hias terakhir yang tak kalah gahar, ada cupang black samurai. Perpaduan warna hitam dengan putih metalik menjadi sebuah komposisi menawan.

Jenis ini kerap diikutsertakan dalam kontes yang diselenggarakan oleh komunitas pecinta cupang. Ikan cupang black samurai tampak menawan bila diletakkan di ruang tamu.
Soal harga, cupang black samurai berada di kisaran Rp90 ribu hingga Rp500 ribu.