8 Cara Menghilangkan Lemak di Wajah Dan Pencegahanya

8 Cara Menghilangkan Lemak di Wajah Dan Pencegahanya

Lemak di wajah seringkali mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Kondisi ini sendiri terjadi sebagai akibat dari bertambahnya lemak pada seluruh bagian tubuh Anda. Ada beragam cara menghilangkan lemak di wajah yang bisa dilakukan. Salah satu cara paling efektif menghilangkan lemak di wajah yaitu dengan memperbaiki pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat.

Cara menghilangkan lemak di wajah
Cara menghilangkan lemak di wajah bisa dilakukan dengan memerhatikan makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Selain itu, pola hidup sehat juga bisa membantu mempercepat hilangnya lemak di wajah.

Berikut ini cara menghilangkan lemak di wajah yang mudah untuk dilakukan:

1. Minum banyak air

Minum banyak air putih merupakan cara menghilangkan lemak di wajah yang paling mudah untuk dilakukan. Selain menghilangkan lemak di wajah, minum cukup air putih juga penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.
Sebuah studi menyebut, meminum air putih sebelum makan dapat membuat Anda merasa lebih cepat kenyang dan secara signifikan menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi selama makan.

2. Olahraga kardio

Munculnya lemak wajah seringkali disebabkan lemak tubuh yang berlebih. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menurunkan berat badan dan membakar lemak dengan latihan kardio.
Menurut berbagai penelitian, latihan kardio dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh Anda. Supaya mendapat hasil yang maksimal, cobalah melakukan latihan kardio sekitar 20 hingga 40 menit per hari. Jenis olahraga kardio yang dianjurkan seperti, berlari, bersepeda, dan berenang.

3. Mengonsumsi makanan berserat

Mengonsumsi makanan kaya serat merupakan salah satu cara menghilangkan lemak di wajah yang cukup efektif. Serat dapat memperlancar pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
Serat secara alami ditemukan dalam makanan-makanan seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Idealnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi 25-38 gram serat makanan per hari dari sumber-sumber makanan tersebut.

Baca Juga  5 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Anak

4. Membatasi konsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat memicu penumpukan lemak di wajah. Alkohol merupakan minuman yang tinggi kalori, namun rendah nutrisi.
Maka dari itu, Anda sebaiknya membatasi konsumsi alkohol agar tubuh tidak menerima asupan kalori secara berlebihan. Asupan kalori yang berlebih dapat mengakibatkan penambahan berat badan dan penumpukan lemak.

5. Istirahat cukup

Kurang istirahat dapat memicu penambahan berat badan. Menurut National Sleep Foundation, kadar hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan akan meningkat ketika Anda kurang tidur. Selain itu, kebiasaan ini juga menurunkan kadar hormon leptin yang memberitahu tubuh bahwa Anda sudah kenyang.
Tidur cukup dapat mencegah penambahan berat badan. Ketika berat badan turun, maka lemak tubuh, termasuk di wajah, juga akan ikut berkurang seiring berjalannya waktu.

6. Kurangi konsumsi karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan seperti biskuit, keripik, dan pasta dapat menyebabkan penambahan berat badan dan penumpukan lemak. Karbohidrat olahan ini telah melewati banyak proses sehingga mengurangi kandungan nutrisi dan serat yang ada di dalamnya.
Meski belum ada penelitian yang menunjukkan efek langsung konsumsi karbohidrat olahan pada lemak wajah, sebaiknya Anda mengganti makanan ini dengan biji-bijian. Mengonsumsi biji-bijian dapat membantu menurunkan berat badan, serta mengurangi penumpukan lemak di tubuh Anda, termasuk wajah.

7. Jangan mengonsumsi garam berlebihan

Mengonsumsi garam secara berlebihan membuat tubuh menahan lebih banyak air. Retensi air mengakibatkan pembengkakan pada tubuh Anda, termasuk pada area wajah.
Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindari makanan olahan atau cemilan yang banyak mengandung garam. Saat tubuh berhenti menahan cairan, tubuh dan wajah Anda akan jadi terlihat lebih ramping.

8. Senam muka

Rutin melakukan senam muka dapat membuat wajah menjadi terlihat lebih ramping. Selain itu, cara ini juga bisa membantu melawan penuaan serta meningkatkan kekuatan otot wajah Anda.
Beberapa senam wajah penghilang lemak yang bisa Anda lakukan, di antaranya:
Mendorong pipi dengan menggunakan udara dari satu sisi ke sisi yang lain
Menggerak-gerakan bibir ke berbagai arah
Menahan senyum dalam waktu tertentu
Penelitan menyebut, melakukan senam wajah 2 kali per hari selama 8 minggu memperkuat otot serta meningkatkan peremajaan wajah. Meski begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan efektivitas senam muka dalam menghilangkan lemak di wajah.

Baca Juga  Hamil Anggur Penyebab, Gejala dan Penanganan

Tips untuk mencegah lemak di wajah

Sama seperti cara menghilangkan lemak di wajah, upaya pencegahan juga bisa Anda lakukan dengan cara menerapkan gaya hidup sehat dan memerhatikan pola makan. Hal ini bertujuan untuk menjaga berat badan Anda agar tetap sehat dan mencegah risiko terjadinya obesitas.
Beberapa tips untuk menjaga berat badan tetap ideal, antara lain:
Minum banyak air putih
Berolahraga secara teratur
Membatasi konsumsi makanan olahan
Mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang
Menghindari minuman manis seperti minuman berenergi, jus dengan tambahan gula, dan soda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *