7 Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

Manfaat Apel untuk Ibu Hamil

Kandungan nutrisi di dalam buah apel memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil. Beberapa manfaat buah apel untuk ibu hamil adalah:

1. Meningkatkan imunitas tubuh
Salah satu manfaat konsumsi apel saat hamil adalah dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat mendorong produksi sel darah putih yang mampu melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi.

2. Mencegah atau mengatasi kram kaki
Perubahan hormon, kenaikan berat badan, dan kurangnya asupan mineral dapat membuat ibu hamil rentan mengalami kram kaki. Nah, konsumsi apel bisa membantu mencegah dan mengatasi keluhan tersebut, karena buah ini mengandung berbagai mineral penting, seperti kalium, kalsium, dan magnesium.

3. Menjaga keseimbangan cairan tubuh
Saat hamil, volume darah meningkat sebanyak 45%, sehingga Anda membutuhkan asupan cairan dan kalium lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Apel mengandung kalium yang cukup tinggi, sehingga mengonsumsi buah ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh selama kehamilan.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Kandungan serat yang tinggi pada apel baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Kebutuhan serat yang terpenuhi dengan baik selama kehamilan dapat mencegah dan mengatasi sembelit pada ibu hamil.

5. Menjaga kesehatan tulang
Apel mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Pasalnya, kalsium menjadi salah satu nutrisi penting yang menunjang pertumbuhan tulang, gigi, otot, jantung dan juga sistem saraf janin. Kurangnya asupan kalsium saat hamil tidak hanya berpengaruh terhadap perkembangan janin, tapi juga menyebabkan Anda berisiko tinggi menderita osteoporosis di masa mendatang.

6. Mengurangi risiko cacat lahir
Konsumsi apel selama kehamilan dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan folat harian. Hal ini penting karena kebutuhan folat yang tercukupi dengan baik selama kehamilan terbukti dapat menurunkan risiko cacat lahir, seperti spina bifida dan anensefali.

Baca Juga  Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Di Ketahui

7. Mengurangi risiko anak terkena asma dan alergi
Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang dilahirkan dari ibu yang mengonsumsi apel selama kehamilan berisiko lebih rendah untuk terkena asma dan alergi di kemudian hari. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kandungan polifenol, seperti flavonoid, pada kulit apel yang memiliki aktivitas antioksidan. Nutrisi-nutrisi dengan sifat antioksidan memiliki kemampuan untuk mengatur sistem imun, sehingga dapat mencegah terjadinya asma dan alergi. Jadikan apel sebagai camilan sehat agar manfaat buah apel untuk ibu hamil dapat diperoleh dengan maksimal. Namun, sebelum mengonsumsinya, Anda harus mencuci apel hingga bersih agar tidak ada lagi kotoran, pestisida, atau bakteri yang masih menempel pada kulitnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *