7 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula !

Cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula memang menjadi hal menarik untuk dibahas. Apalagi, TikTok kini menjadi salah satu media promosi yang efektif untuk mempromosikan suatu produk.

Banyak perusahaan yang mencari jasa kreator di TikTok untuk membuat konten berisi promosi produknya. Dengan begitu, semakin banyak pula cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula melalui berbagai jenis konten, mulai dari video komedi hingga teknologi.

Jika kalian memang tertarik untuk mulai merintis karier sebagai konten kreator TikTok, persiapkan tekad yang kuat terlebih dahulu. Selanjutnya, silakan kalian simak berbagai cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula yang mungkin cocok bagi kalian dalam informasi di bawah ini.

 

1. Menentukan Jenis Konten

Terdapat beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula. Sebelum benar-benar menghasilkan uang, ada serangkaian proses yang kalian jalankan. Secara umum, proses tersebut bertujuan untuk menunjukkan kualitas diri kalian kepada audiens.Agar lebih mudah melakukannya, kalian perlu menentukan jenis konten dan membuatnya secara konsisten. Konsistensi kalian dalam memproduksi jenis konten tertentu akan menciptakan citra yang melekat pada diri kalian. Nah, jika ingin melakukannya, langsung saja simak beberapa jenis konten yang mungkin bisa kalian coba.

– Hiburan: Berhubungan dengan film, buku, serial, musik, komik, anime, dan lainnya.

– Kecantikan: Makeup, gaya busana, perawatan rambut dan kuku, dan lainnya.

– Pertunjukan: Komedi, akting, lipsync, cover lagu, prank, dance, challenge, dan lainnya.

– Pembelajaran: Tutorial, teknologi, resep memasak, fotografi atau videografi, dan lainnya.

– Gaya hidup: Tips hubungan, sekolah, karir, pengembangan diri, motivasi, dan lainnya.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  1500+ Nama TikTok Aesthetic & Keren Abis

Dalam menentukan jenis konten, kalian bisa mengikuti minat pada suatu topik. Dan yang perlu kalian ketahui, topik di atas tak membatasi minat kalian.

2. Personal Branding

Cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula tak bisa dikatakan sebagai hal yang mudah. Selain menentukan jenis konten, kalian juga perlu berusaha agar citra kalian juga dikenal oleh algoritma TikTok. Cara yang bisa ditempuh, yaitu:- Mencari, menonton, dan berinteraksi pada konten sesuai topik yang FYP.

– Follow kreator lain dengan topik yang sama.

– Usahakan untuk mengikuti tren dan challenge yang relevan dengan topik kalian.

– Buat konten secara konsisten.

– Pilih hashtag yang berhubungan dengan topik.

– Pilih musik yang sedang viral.

3. Peluang Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula

Setelah melakukan serangkaian tata cara membangun akun agar punya citra dan audiens sendiri, kini saatnya kalian menyimak beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula. Dengan audiens dan power yang banyak, kalian bisa melakukan beberapa usaha berikut ini.3. Menjadi Influencer

Followers yang banyak memungkinkan kalian untuk bisa menghasilkan uang dengan menjadi influencer. Artinya, kalian punya power untuk membua endorse atau paid promote untuk mempromosikan berbagai produk.

Jika engagement kalian bagus, perusahaan pun akan tertarik. Apalagi, sekarang ini TikTok dikenal sebagai media sosial yang cukup efektif sebagai media promosi. Dengan begitu, kesempatan kalian untuk mendapatkan uang pun makin terbuka.

4. Mencari Sponsor

Mencari sponsor dalam pembuatan konten kalian merupakan salah satu jalan yang cukup potensial untuk menghasilkan uang. Sekali lagi, hal itu pun akan ditentukan oleh engagement akun kalian. Usahakan untuk konsisten membuat konten agar followers, like, dan interaksi meningkat setiap hari.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  Cara Mendapatkan Follower Tiktok Gratis

Sebelum mencapai hal ini, kalian memang perlu menempuh perjuangan yang tidak ringan. Namun, hal ini sudah terbukti bisa dilakukan. Sebagai contoh, ada Loren Grey, influencer yang menjalin kerja sama dengan perusahaan kosmetik Revlon atau Josh Richards yang punya kontrak dengan perusahaan besar, yakni Reebok dan House Party.

5. Membentuk Agensi

Selain melakukan personal branding secara mandiri, cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula bisa kalian lakukan bersama-sama dengan membentuk agensi. Lingkaran kreator dalam agensi akan saling bantu untuk menaikkan engagement. Selanjutnya, kalian pun bisa menjadi penghubung antara para kreator dengan perusahaan yang ingin dipromosikan produknya.

6. Donasi Koin

Cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula bisa kalian lakukan dengan menerima donasi saat melakukan live. Hal ini memungkinkan bagi pemula yang sudah berusia 16 tahun ke atas dan punya followers lebih dari 1000. Sistem donasi ini pun cukup mudah.

Kalian hanya perlu melakukan live dan audiens yang memang menyukai konten kalian akan memberikan koin yang sebelumnya telah mereka beli. Donasi tersebut nantinya bisa kalian cairkan melalui PayPal.

7. Menjual Produk

Jika TikTok berpotensi menjadi media untuk mempromosikan produk suatu perusahaan, itu berarti kalian juga punya peluang untuk menjual produk sendiri. Produk yang kalian hasilkan bisa disesuaikan dengan topik di konten-konten kalian. Kalian bisa membuat merch sesuai topik. Jika kalian seorang beauty enthusiast misalnya, cobalah untuk membuat brand produk kosmetik sendiri.