6 Jenis Jamur Enak dan Bermanfaat bagi Kesehatan

Jamur merupakan salah satu tumbuhan yang paling sering dijadikan bahan makanan oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan rasanya yang unik dan lezat.

Nah, dari sekian banyak jenis jamur. Berikut ini 6 diantaranya yang paling populer di Indonesia, beserta manfaatnya bagi kesehatan.

 

1. Jamur Enoki

jamur enoki (Shuttesrtock)
jamur enoki (Shuttesrtock)

Jamur enoki menjadi yang paling populer. Bentuknya memanjang seperti kecambah dan berwarna putih. Untuk wanginya, mirip dengan berbagai macam buah.

Jamur enoki biasa dimasukkan ke dalam menu rebusan ala Korea. Di Indonesia sendiri, seringkali digunakan untuk bahan seblak. Tidak lupa juga disantap sebagai teman daging saat barbecue.

Jamur enoki mengandung protein yang dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu. Lalu, ada kandungan serat yang mampu memperlancar sistem pencernaan, sehingga dijauhkan dari sembelit (susah buang air besar).

2. Jamur Kuping

Jamur kuping merupakan jenis yang basah, berbentuk tipis, dan berwarna cokelat. Teksturnya juga kenyal mirip seperti kikil. Untuk rasanya, cenderung gurih.

Jamur kuping biasa diolah atau dimasukkan ke dalam menu berkuah. Misalnya, sayur sop, capcay, dan makanan lainnya.

Manfaat jamur ini ternyata baik untuk meredakan panas dalam serta mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan serat di dalamnya mampu memicu rasa kenyang, sehingga cocok dikonsumsi oleh kamu yang tengah diet.

3. Jamur Kancing

Sesuai namanya, jamur ini berbentuk seperti kancing bulat dan memiliki warna cenderung krem atau putih. Jamur kancing juga disebut sebagai yang paling banyak dibudidayakan di seluruh dunia.

Tidak heran jika olahan masakan di tiap negara seringkali menggunakan jamur kancing. Contohnya, aneka pasta dan menu barat lainnya.

Kandungan vitamin C dan polisakarida pada jamur kancing dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kronis. Dua diantaranya, kanker dan jantung.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  10 Resep Tumis Jamur Kuping Istimewa

Selain itu, kandungan ini juga berfungsi sebagai prebiotik, sehingga mampu memelihara sistem pencernaan. Khususnya di bagian usus besar.

4. Jamur Tiram

Jamur tiram berwarna putih, bergerombol, dan memilki bentuk layaknya cangkang tiram. Jamur ini juga mudah untuk ditemukan dan biasanya diolah bersama tepung menjadi jamur krispi. Pernah coba?

Jamur tiram memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab penyakit. Beberapa diantaranya, risiko gangguan jantung dan kanker.

Tak hanya itu, kandungan ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah kulit dari penuaan dini.

5. Jamur Merang

Kalau jamur merang berbentuk seperti telur dan berwarna putih sedikit cokelat. Rasanya juga gurih serta teksturnya kenyal. Jamur ini biasa diolah menjadi aneka tumis. Namun, tidak sedikit juga yang memasukannya ke dalam sop.

Kandungan selenium pada jamur merang berfungsi sebagai antioksidan, sehingga mampu meningkatkan sistem imun serta mengurangi stres. Ada juga zat besi yang dapat menghindarimu dari penyakit anemia atau kurang darah

6. Jamur Shitake

Jamur shitake berbentuk bulat dan tebal, serta warnanya cenderung cokelat gelap. Biasanya, jamur ini digunakan untuk berbagai menu masakan Jepang. Misal, udon.

Jamur shitake memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, ada vitamin B kompleks, antioksidan, asam amino, selenium, dan zinc yang mampu membuat tubuhmu menjadi lebih kebal karena imunnya ditingkatkan.

Nah, dari keenam jenis jamur populer diatas, mana yang menjadi favoritmu? Biasanya kamu olah jadi menu apa, nih?