5 Cara Merawat Burung Lovebird Agar Berkualitas

Jika kamu ingin memiliki Lovebird yang hanya sekadar dipelihara saja, mungkin tidak terlalu banyak pertimbangan yang kamu lakukan saat memilihnya. Namun hal ini berbeda apabila kamu ingin menjadikan Lovebird jawara kontes.

Sebelum membahas lebih panjang mengenai cara merawat Lovebird, berikut beberapa kriteria pemilihan Lovebird bahan berkualitas yang dapat kamu perhatikan.

  • Pilih bakalan Lovebird yang memiliki keturunan atau silsilah dari induk yang berkualitas atau pernah juara kontes.
  • Pilih bakalan Lovebird bermental fighter, di mana gerak-geriknya lincah dan tetap bersuara walaupun berada dalam kondisi tempat yang ramai.
  • Sebaiknya pelihara Lovebird anakan berusia 2,5-3 bulan agar lebih mudah dijinakkan dan harganya relatif lebih murah.
  • Pastikan Lovebird sehat secara fisik dan tidak cacat. Perhatikan bagian tubuh, seperti postur badan, sayap, kepala, kaki, dan bagian lainnya.
  • Lebih baik memilih Lovebird jantan untuk kontes dikarenakan faktor mental dan genetiknya yang lebih unggul dibanding Lovebird betina.

1. Memilih Kandang Yang Baik Bagi Lovebird

Cara Merawat Lovebird
Cara Merawat Lovebird – Burung Master

Sama halnya seperti burung pada umumnya, kandang adalah sesuatu hal yang sangat penting untuk memiliki burung jenis Lovebird ini. Karena Lovebird adalah salah satu spesies burung yang lincah, maka sebelum kamu membeli kandang yang cocok untuk Lovebird, pastikan terlebih dahulu ukuran dari kandang tersebut.

Lovebird adalah burung dengan ukuran yang kecil. Sangat penting untuk memilih kandang dengan sekat-sekat kurang dari 1.5 cm. Karena, sekat yang besar dapat membuat burung Lovebird tersangkut di dalamnya.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  Cara Memelihara Ikan Guppy , Jenis Dan Harga

Selain sekat, hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kandang adalah bentuknya. Menurut beberapa dokter hewan, bentuk dari kandang dapat sangat mempengaruhi psikologis dari burung.

Walaupun burung Lovebird ini memiliki rentan umur yang cukup tinggi, bentuk kandang kotak dan digantung dapat membuat burung jenis Lovebird ini hidup hingga 20 tahun.

Karena itulah, banyak kolektor burung Lovebird memilih bentuk kandang yang digantung agar burung jenis Lovebird ini merasa nyaman dan dapat bergerak bebas.

2. Bersihkan Kandang Secara Teratur

Ketika kamu sudah berhasil memilih kandang yang tepat untuk burung Lovebird, pastikan juga untuk selalu membersihkan kandang tersebut. Karena, kandang burung Lovebird sangat rentan untuk kotor.

Ada beberapa tahapan untuk membersihkan kandang, yaitu sehari sekali dan juga seminggu sekali. Bersihkan sekat kandang dengan cara mengelap paling tidak sehari sekali dan juga bersihkan sisa-sisa makanan setelah burung Lovebird selesai menyantap habis makanannya.

Seminggu sekali, bersihkan kandang secara menyeluruh menggunakan air yang mengalir. Selain membersihkan kandang dengan air, cuci bersih juga tempat bertengger burung ini. Karena, tempat bertengger burung Lovebird ini dapat menyimpan banyak kotoran jika tidak dibersihkan secara benar.

Tempat bertengger yang kotor akan membuat burung Lovebird tidak betah berlama-lama. Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah sabun cuci yang aman bagi hewan

3. Memilih Nutrisi Makanan Yang Baik

Untuk menjaga kesehatan burung Lovebird diperlukan nutrisi dan vitamin yang tepat. Sama halnya dengan kebanyakan burung, burung Lovebird membutuhkan nutrisi dari buah yang masih segar.

Menurut pendapat dari dokter hewan, burung Lovebird setidaknya diberi makan buah yang masih segar paling tidak 4 kali seminggu. Dalam kurun waktu tersebut, burung Lovebird akan menyukai buah-buah seperti apel, pisang, dan juga Pepaya. Tiga buah tersebut pun dapat memberi nutrisi dan vitamin yang kompleks bagi Lovebird.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  8 Jenis Ikan Cupang Hias yang Mudah Dipelihara!

Burung Lovebird yang ada di rumahmu akan sangat menyukai makanan seperti biji-bijian sebagai makanan sehari-hari. Namun, porsi dari biji-bijian yang diberikan ke burung Lovebird juga harus sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan, yaitu 1 sendok makan.

Perlu diingat untuk selalu buang setiap makanan sisa. Jika tidak, burung Lovebird akan terus menerus mengkonsumsi makanan tersebut. Jika porsi makanan burung Lovebird tidak diatur, maka akan menyebabkan penyakit obesitas.

Jangan lupa untuk selalu mencoba menghindari memberi makan dengan kandungan lemak yang tinggi karena akan membuat burung Lovebird rentan terkena berbagai macam penyakit.

4. Melakukan Pemasteran

Burung Lovebird yang hendak diikutkan dalam kontes perlu melakukan pemasteran agar suara yang dihasilkan lebih merdu, gacor, dan dapat ngekek panjang.

Hal ini dilakukan dengan cara menggantung kandang Lovebird di tempat sunyi dan memperdengarkan rekaman suara burung masteran.

Pastikan kamu tidak melakukan pemasteran terlalu sering. Beri jeda agar burung Lovebird bisa beristirahat dan staminanya tidak terkuras habis.

Beberapa pemelihara yang menginginkan burung cepat gacor dan ngekek panjang, terkadang juga bisa mengombinasikan hal ini dengan memberikan vitamin Lovebird untuk meningkatkan staminanya.

5. Selalu Tempatkan Burung Lovebirds Dengan Pasangannya

Cara Memelihara Lovebird
Jodohkan Burung Lovebirds Dengan Pasangannya – Pinterest

Burung Lovebird adalah burung yang membutuhkan kehidupan sosial yang tinggi. Dalam menempatkan burung Lovebird di dalam kandangan, hal yang penting dilakukan adalah memasangkan burung Lovebird dengan lawan jenisnya.

Dokter hewan percaya jika burung Lovebird dapat mengembangkan rasa keterikatan yang tinggi satu sama lain. Faktor sosial menjadi salah satu faktor yang amat penting bagi kesehatan burung Lovebird ini.

Walaupun Lovebird adalah jenis burung yang dapat dikategorikan sangat sosial, ada baiknya untuk tidak memasangkan burung Lovebird ini dengan burung jenis lain. Karena, belum tentu burung selain Lovebird akan nyaman ditempatkan di kandang yang sama.