13 Film Musikal Romantis yang Bisa Bikin Kamu Baper!

Sepertinya nggak ada orang yang tidak senang dengan lagu atau nyanyian. Jika digabungkan dalam sebuah film dengan cerita yang bagus, maka jadilah film musikal romantis yang bisa bikin kamu terbawa perasaan alias baper saat menontonnya.

Membuat film musikal juga punya tantangan tersendiri, lho. Dalam sebuah drama musikal, biasanya sang aktris yang secara langsung menyanyikan lagu-lagunya, plus biasanya ada koreografi tarian yang perlu diikuti.

Nah, di artikel ini Admin akan memberikan rekomendasi film musikal romantis yang bisa kamu tonton bersama pasangan. Selain ceritanya seru, lagu-lagunya juga bisa membuat kamu jatuh cinta dengan filmnya.

1. Sound of Music (1965)

13 Film Musikal Romantis yang Bisa Bikin Kamu Baper!

Film musikal legendaris yang diproduksi dan disutradarai oleh Robert Wise ini adalah adaptasi dari musikal panggung pada 1959 dengan nama yang sama. Ceritanya sendiri berdasarkan memoar berjudul The Story of the Trapp Family Singers oleh Maria von Trapp yang ditulis pada 1949. Jadi, film ini berdasarkan kisah nyata ya, Bela.

Berlatar belakang tahun 1930-an di Austria, diceritakan seorang perempuan muda bernama Maria (Dame Julie Andrews) yang gagal untuk menjadi biarawati dan akhirnya  menjadi pengasuh tujuh anak dari Kapten Angkatan Laut Georg Von Trapp (Christopher Plummer).

Singkat cerita, meskipun awalnya nggak disukai oleh anak-anak tersebut, setelah membawa cinta dan musik ke dalam kehidupan keluarga tersebut, Maria menikah dengan si kapten. Bersama-sama, keluarga baru tersebut harus menemukan cara untuk bertahan hidup, saat Nazi menduduki wilayah Austria.

2. Moulin Rouge! (2001)

13 Film Musikal Romantis yang Bisa Bikin Kamu Baper!

Ini salah satu film musikal yang lagu original soundtrack atau OST-nya nggak kalah terkenal, yaitu Lady Marmalade yang dinyanyikan oleh Christina Aguilera, P!nk, Lil’ Kim, dan Mýa.

Dibintangi oleh Nicole Kidman dan Ewan McGregor, film arahan sutradara Baz Luhrmann ini bercerita tentang Moulin Rouge, sebuah klub malam di Paris yang pengunjungnya akan dihibur oleh para penari. Lalu, datanglah seorang penulis muda asal Inggris, Christian (Ewan McGregor), yang jatuh cinta dengan bintang Moulin Rouge, Satine (Nicole Kidman).

Ternyata, bos klub malam tersebut juga menyukai Satine sehingga menimbulkan terjadinya cinta segitiga di antara mereka. Kisah cinta mereka yang tragis dibalut dengan lagu-lagu cover dari sejumlah musisi terkenal juga sangat menyenangkan untuk didengar. Dijamin kamu akan larut ke dalam film ini. Nggak tanggung-tanggung, film ini juga sempat meraih sejumlah nominasi penghargaan film–dan memenangkan di antaranya–termasuk penghargaan Academy Awards.

3. Enchanted (2007)

13 Film Musikal Romantis yang Bisa Bikin Kamu Baper!

Kalau Bela mau nonton film musikal yang ceritanya ringan tapi tetap berkualitas, Enchanted jawabannya. Film ini memadukan antara animasi dengan live action, yang ceritanya diambil dari kisah klasik putri dongeng Disney.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  Membuat Video YouTube: Karya yang Harus Anda Coba

Cerita di film ini dimulai dengan perjalanan seorang putri bernama Giselle (Amy Adams) yang “terdampar” di dunia nyata atau lebih tepatnya di New York City. Giselle kemudian berusaha menemukan cara untuk kembali ke dunianya untuk bisa menikahi pria yang dicintainya.

Namun, dalam perjalanannya Giselle mulai meragukan perasaannya kepada pangeran yang dianggap dia “cintai”, karena mulai jatuh cinta dengan laki-laki yang selalu menemaninya, yaitu Robert Philip (Patrick Dempsey).

Kalau penasaran dengan akhir kisah mereka, film musikal ini bisa ditonotn di Disney+, ya.

4. Mamma Mia! (2008)

13 Film Musikal Romantis yang Bisa Bikin Kamu Baper!

Kalau mendengar judulnya kamu langsung teringat dengan lagu dari grup senior ABBA, kamu nggak salah. Karena film musikal ini memang didasarkan pada lagu-lagu grup tersebut.

Film ini cocok disaksikan saat kamu butuh tontonan yang menghibur. Nggak hanya penuh lagu yang ceria, komedi yang disajikan dalam film ini juga bisa membuat kamu tertawa saat menontonnya. Kisah cinta antara ibu dan anaknya juga bisa mengundang air mata.

Bercerita tentang perjuangan Sophie (Amanda Seyfried) yang akan menikah dan sedang berusaha mencari keberadaan ayahnya. Dia berharap ada sosok yang mendampinginya saat berjalan di altar nanti.

Sayangnya, sang ibu Donna (Meryl Streep) nggak memberitahukan siapa ayah Sophie. Hal itu membuat sang anak berinisiatif mengundang 3 laki-laki dari masa lalu ibunya, yang diduga sebagai ayahnya.

Film musikal ini memiliki sekuel yang nggak kalah serunya, yang dirilis pada 2018, yaitu Mamma Mia! Here We Go Again.

5. Les Misérables (2012)

13 Film Musikal Romantis yang Bisa Bikin Kamu Baper!

Sama seperti Sound of Music, film juga berdasarkan musikal Prancis pada 1980 yang diterjemahkan ke bahasa Inggris pada 1985. Ceritanya sendiri diadaptasi dari novel Prancis yang diterbitkan pada 1862 karya Victor Hugo, dengan judul yang sama.

Cerita cinta di film musikal ini memang tidak fokus kepada kisah romantis saja, melainkan juga menceritakan cinta ayah pada anak angkatnya, serta kehidupan di tengah revolusi. Jean Valjean (Hugh Jackman) divonis penjara selama 19 tahun hanya karena mencuri sepotong roti. Usai bebas, dia mengubah identitasnya dan berhasil menjadi seorang wali kota di sebuah kota kecil di Prancis.

Meski sudah mengubah namanya, Valjean tetap diburu oleh Javert (Russell Crowe), polisi yang memenjarakannya. Di tengah pelariannya, Valjean mengadopsi Cosette (Amanda Seyfried) yang ditinggal mati oleh ibunya, Fantine (Anne Hathaway).

Selang berapa tahun dalam pelarian, Cosette yang beranjak remaja jatuh cinta pada Marius (Eddie Redmayne), sementara ada gadis lain bernama Eponine (Samantha Barks) yang juga jatuh cinta pada Marius. Musik yang romantis dan menyayat hati bakal kamu temukan di film ini. Berlatar belakang peperangan, film Les Miserables merupakan film drama musikal klasik yang wajib banget kamu tonton.

6. Walking on Sunshine (2014)

13 Film Musikal Romantis yang Bisa Bikin Kamu Baper!

Film musikal ini bisa membuat kamu merasa kembali ke era 80-an dengan berbagai musik klasik yang disajikannya. Selain musik, film asal Inggris ini juga akan memanjakan mata penontonnya dengan latar pulau Apulia yang indah.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  Pengertian Bandwidth Bandits Adalah Sebagai Berikut !!

Cerita utama film ini ini adalah tentang kisah cinta segitiga yang rumit antara Maddie (Annabel Scholey) dan saudarinya, Taylor (Hannah Arterton). Secara nggak sengaja, dua bersaudari itu sama-sama nggak tahu kalau mereka ternyata terlibat kisah cinta dengan laki-laki yang sama, yaitu Raf (Giulio Berruti).

Bagaimana akhir cerita cinta segitiga ini? Kamu bisa langsung saksikan sendiri bersama pasangan ya, Bela.

7. The Last Five Years (2014)

13 Film Musikal Romantis yang Bisa Bikin Kamu Baper!

Film musikal bergenre drama romantis ini dibintangi oleh bintang Pitch Perfect, Anna Kendrick. Diselingi dengan lagu-lagu yang ear-catching, kamu akan dibawa untuk mengikuti lika-liku perjalanan cinta antara Cathy (Anna Kendrick) dan Jamie (Jeremy Jordan) dalam film ini.

Alur cerita yang disajikan film musikal ini juga sangat unik, yaitu campuran antara alur maju dan mundur. Jadi, cerita dari sudut pandang Cathy diceritakan dengan alur mundur, sedangkan dari sudut pandang Jamie diceritakan dengan alur maju.

Jadi, kamu mesti agak berkonsentrasi saat menontonnya supaya nggak bingung, ya. Tapi, ini termasuk salah satu film musikal yang sangat worth it untuk ditonton.

8. La La Land (2016)

13 Film Musikal Romantis yang Bisa Bikin Kamu Baper!

Mungkin ini salah satu film musikal favorit banyak orang. Selain karena ceritanya, akting Ryan Gosling dan Emma Stone di sini juga patut diacungi dua jempol. Nggak heran jika film ini juga meraih banyak penghargaan, salah satunya Best Film di ajang BAFTA Award.

Film ini menceritakan kisah cinta yang terjalin antara Mia dan Sebastian, yang memiliki masalah hidup masing-masing dalam mengejar impiannya. Terus merasakan kerasnya kehidupan dan selalu mengalami kegagalan, pasangan kekasih ini masih “dipaksa” untuk memilih antara cinta atau mengejar ambisi.

Kelebihan dari film ini adalah ceritanya yang nggak hanya sebatas romansa yang klise, tapi juga menghadirkan bumbu konflik yang sangat relate dengan kehidupan nyata banyak orang, mungkin juga termasuk kamu.

9. The Greatest Showman (2017)

13 Film Musikal Romantis yang Bisa Bikin Kamu Baper!

Selain cocok ditonton bersama pasangan, film musikal ini juga bisa disaksikan bersama keluarga, lho. Ini karena fIlm ber-genre drama romantis ini nggak hanya bercerita tentang cinta, tapi juga mengenai berbagai nilai-nilai kehidupan lainnya.

Kisah utama film ini diangkat dari kisah nyata, yaitu tentang perjalanan karier Phineas Taylor Barnum (Hugh Jackman) yang berhasil membuka museum lilin. Tapi setelah sukses, dia justru mengalihkan fokusnya ke “orang-orang yang unik dan aneh” yang nggak kalah sukses.

Terobsesi dengan sorak-sorai dan kehormatan, Phineas mempertaruhkan segalanya pada penyanyi opera, Jenny Lind, untuk menarik perhatian penonton. Tapi di saat bersamaan, dia melupakan aspek terpenting dalam hidupnya, yakni keluarga. Jadi, manakah yang akan dia pilih?

10. A Star is Born (2018)

13 Film Musikal Romantis yang Bisa Bikin Kamu Baper!

Pencinta film romantis wajib menonton film ini. Dibintangi penyanyi terkenal Lady Gaga dan aktor terkenal Bradley Cooper, film musikal ini adalah versi remake ke-3 dari film dengan judul yang sama.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  Cara Jualan Di Tokopedia

Bercerita tentang kisah asmara yang terjalin antara pelayan dan penyanyi bar, Ally (Lady Gaga), dengan musisi country Jackson Maine (Bradley Cooper). Perjalanan cinta mereka digambarkan dengan sangat manis, tapi dilengkapi dengan bumbu konflik sehingga membuat film ini sangat menarik untuk ditonton.

Selain disuguhkan dengan suara merdu Lady Gaga dan Bradley Cooper, penonton juga dibuat terpana oleh chemistry antara mereka. Sebagian besar lagu-lagu dalam film ini diciptakan oleh Lady Gaga dan ada juga beberapa diciptakan oleh Bradley Cooper. Lagu utama film ini, Shallow, bahkan meraih Piala Oscar untuk kategori Best Original Song.

11. A Cinderella Story: Christmas Wish (2019)

13 Film Musikal Romantis yang Bisa Bikin Kamu Baper!

Seperti judulnya, film musikal ini bercerita tentang kisah remaja yang diangkat dari cerita putri Disney. Memiliki alur dasar seperti kisah cinta Cinderella, ini adalah film seri ke-5 dari A Cinderella Story.

Cerita film ini tentang seorang gadis bernama Kat Decker (Laura Marano) yang diperlakukan layaknya Cinderella oleh ibu dan saudara tirinya. Dia lalu mengharapkan keajaiban natal untuk menghadiri pesta Wintergarden Christmast Gala.

Berhasilkah Kat mewujudkan impiannya dengan bantuan dari anjing yang penuh perhatian, sahabat yang setia, dan berbagai keajaiban lainnya? Tonton langsung film ini, ya.

12. Valley Girl (2020)

13 Film Musikal Romantis yang Bisa Bikin Kamu Baper!

Kisah cinta dalam film romansa komedi ini memang mengenai remaja. Namun, bukan berarti kamu yang sudah dewasa nggak akan menikmati film musikal yang satu ini. Merupakan remake dari film yang sama pada 1983, Valley Girl berisi deretan lagu-lagu populer pada era 80-an yang bisa membawa penontonnya untuk bernostalgia.

Meskipun adaptasi modern dari kisah cinta klasik Romeo dan Juliet, nggak ada plot klise di film ini. Tapi, kisah cinta antara Julie (Jessica Rothe) dan Randy (Josh Whitehouse) yang memiliki latar sosial berbeda, masih jadi fokus utama.

Kalau kamu penasaran dengan akhir kisah cinta kedua remaja ini, film musikal ini bisa kamu tonton di Netflix.

13. In The Heights (2021)

13 Film Musikal Romantis yang Bisa Bikin Kamu Baper!

Ini adalah film musikal terbaru yang baru rilis pada 2021 dan juga sempat menghiasi layar lebar Indonesia. Sutradara film ini adalah orang yang sama dengan sutradara Crazy Rich Asians, yaitu John M. Chu.

Meski nggak terlalu fokus pada asmara, film ini tetap menarik untuk disaksikan. Film yang mendapatkan rating cukup tinggi di IMDb ini berkisah mengenai impian para penduduk Washington Heights, kota para imigran yang dikenal kental dengan campuran budaya.

Di antara banyak budaya, budaya latin menjadi yang utama ditampilkan dalam film, baik dari segi musik, bahasa, tarian, hingga pakaian. Menyaksikan kisah si tokoh utama Usnavi (Anthony Ramos) dan para imigran di Washington Heights ini nggak akan membuat kamu menyesal, deh.

Jadi, apakah ada dari referensi film musikal romantis di atas yang sudah Bela tonton? Jika belum, boleh banget beberapa film di atas ditambahkan ke daftar film yang akan kamu saksikan bersama pasangan atau teman. Hati-hati kisah romantisnya bisa bikin kamu baper, lho.