12 Jenis Ikan Koi Dan Cara Merawat yang Benar

Jenis ikan koi terkenal dengan julukan ikan pembawa keberuntungan. Tentunya, ikan koi tidak akan terlewat dari daftar koleksi ikan hias Anda. Apalagi, ikan ini punya corak yang indah.

Tidak heran kalau ikan koi dijual dengan harga yang cukup mahal. Nah, sebelum Anda memeliharannya di rumah, kenalan dulu dengan ikan koi ini, yuk.

Sejarah Ikan Koi

Pada mulanya, ikan koiberasal dari dataran Tiongkok. Lalu, pada abad ke 17, ikan koi dibawa ke Jepang untuk dijadikan bahan makanan.

Dalam bahasa Jepang, ikan koi berarti nishikigoi, yang berarti ikan karper bersulam emas atau perak. Di negara ini, ikan koi dilambangkan sebagai cinta dan persahabatan.

Fakta Unik Ikan Koi

  • Ikan koi terbesar yang pernah dicatat memiliki berat sekitar 40 cm dan panjang 120 cm.
  • Termasuk ikan pemakan segalanya atau omnivora sehingga ikan koi dapat makan berbagai buah dan sayuran seperti semangka.
  • Punya kebiasaan mengintimidasi ikan jenis lain, terutama jika digabungkan dalam satu tempat.
  • Ikan ini mudah iritasi jika terkena matahari langsung. Jadi, sediakan pohon untuk menutupi kolam dari sinar matahari langsung.
  • Ikan koi tertua pernah hidup selama 226 tahun, lho.

Jenis-jenis Ikan Koi

Ikan koi juga memiliki banyak jenis dengan harga yang bervariasi. Penasaran seperti apa? Simak berikut ini.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  10 Jenis Ikan Arwana, Harga & Perawatannya

Chagoi Fish

Ikan koi chagoi merupakan jenis ikan koi dengan harga yang paling murah. Ciri khas ikan chagoi adalah perpaduan warna abu-abu dengan lapisan warna kuning keemasan yang tipis tanpa corak unik.

Ikan jenis ini dibandrol dengan harga Rp200 ribu-Rp400 ribu.

Ikan Koi Tancho

Ikan koi Tanco biasanya memiliki warna dasar putih dan terdapat buletan jingga pada bagian kepalanya. Ikan koi yang unik ini dibandrol seharga Rp700 ribu- Rp1 juta.

Ikan Koi Shiro Utsuri

Dari warnanya saja sudah terlihat ciri khas dari ikan koi ini adalah  putih pada badannya dan terdapat bercak-bercak hitam. Ikan koi shiro utsuri ini dibandrol seharga Rp700 ribu- Rp800 ribu.

Ikan Koi Ki Utsuri

Ikan koi ini memiliki ciri khas warna dasar tubuh yang jingga kekuningan dan terdapat bercak hitam. Ikan koi Ki Utsuri dibandrol seharga Rp850 ribu-Rp900 ribu.

Ikan Koi Kumpay Slayer 

Kumpay slayer disebut juga sebagai koi butterfly. Hal ini dikarenakan siripnya yang panjang dan indah seperti kupu -kupu.

Tak heran jika koi butterfly tergolong paling mahal, yang bisa Anda dapatkan seharga Rp1,5 juta-Rp2 juta.

Ikan Koi Ochiba Shigure

Ikan koi ochiba shigure memiliki ciri khas warna dasar putih yang pucat, dipadukan dengan corak berwarna jingga pucat atau pias. Harga koi yang satu ini Rp200 ribu – Rp300 ribu.

Ikan Koi Kumonryu

Ikan kumonryu memiliki ciri khas warna dasar putih dan bercorak hitam pada tubuhnya, tampak misterius. Harga ikan jenis ini Rp600 ribu-Rp700 ribu.

Ikan Koi Shusui

Ikan koi shusui memiliki corak yang sangat unik dengan ciri khas  berwarna hitam sepanjang punggungnya, yang membentuk seperti tulang punggung. Harga ikan koi shusui berkisar Rp400 ribu-Rp500 ribu.

Ikan Koi Geromo

Ikan koi jenis goromo adalah hasil persilangan koi kohaku dan koi asagi. Ciri khas yang paling menonjoladalah corak 4 warna, yaitu indigo, hitam, jingga, dan ungu. Harga ikan ini Rp450 ribu-Rp700 ribu.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  Tips dan Cara Memulai Usaha Ternak Lele Di Tahun 2022

Ikan Koi Ogon

Ikan koi ogan memiliki warna yang paling langka, yaitu putih keemasan. Walaupun hanya 1 warna, ikan jenis ini termasuk mahal, loh. Harganya berkisar Rp1,5 juta – Rp1,6 juta.

Ikan Koi Asagi

Corak silver kebiruan yang mendominasi tubuh ikan koi ini, membuat harganya jadi mahal , yaitu mencapai Rp1,1 juta hingga Rp1,5 juta.

Ikan Koi Showa Sanshoku

Ikan koi jenis showa sanshoku memiliki keistimewaan corak yang sangat indah dan saling bersinggungan. Corak hitam dan merah pada koi menyerupai marmer. Harga koi yang satu ini berkisar Rp1 jutaan.

Cara Merawat Ikan Koi

  • Kolam koi harus memiliki kedalaman minimal 50 cm.
  • Gunakan air bersih untuk mengisi kolam.
  • Gunakan filter air agar kebersihan kolam terjaga.
  • Pilih ikan koi yang sehat agar mudah menyesuaikan dengan kondisi kolam. Ciri ikan koi yang sehat adalah bergerombol, lincah, dan aktif.
  • Gunakan tanaman air seperti alda. Adanya tumbuhan air akan memberi nutrisi pada ikan.
  • Berikan pelet yang sudah direndam selama 30 – 60 detik agar koi mudah mencerna.
  • Untuk kolam berukuran 1,5 meter dengan jumlah koi maksimal, beri pakan 100 gram/hari. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sering memberi makan.
  • Memberi nutrisi seperti wortel, udang, atau lainnya 2 minggu sekali.
  • Suhu kolam harus 24 -26 derajat celcius.