10 Jenis Ikan Mas Koki Beserta Harganya, dan Cara Merawatnya

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang unik sekalipun mudah untuk dirawat.

Seiring masa pandemi covid 19, mas koki pun kian diminati sebagai salah satu ikan hias yang mampu mengisi akuarium dengan indah.

Usut punya usut, ternyata ikan mas koki tidak hanya dalam satu bentuk saja melainkan terdiri dari berbagai jenis dan varietas yang unik.

Lantas, jenis ikan mas koki apa saja yang menarik untuk menghiasi akuarium rumah? Simak pembahasannya bersama-sama!

Jenis ikan mas koki berikut bisa jadi referensi terbaik untuk akuarium rumah

Mudah dirawat dengan aksen unik menjadikan ikan mas koki layak untuk kamu simpan di akuarium rumah.

Ada beberapa jenis mas koki yang perlu kamu ketahui berikut ini :

1. Mas koki Ryukin  

Berasal dari Jepang, mas koki hias ini terkenal akan bentuknya yang lucu, sekalipun menyerupai tekstur ikan koi.

Ciri khas dari mas koki ini ada pada tubuhnya yang pendek, dengan punuk serta sirip lebar nan membesar.

Adapun, mas koki ryukin merupakan salah satu jenis ikan hias dengan harga yang cukup tinggi, karena masih diimpor dari luar negeri.

Umumnya, satu ekor mas koki Ryukin memiliki rentang harga antara Rp100 ribu hingga Rp500 ribu.

2.  Ikan Mas koki lionhead 

Mas koki lionhead merupakan salah satu varietas ikan hias yang sangat familiar di Indonesia.

Adapun, ciri khas dari ikan hias ini tampak jelas dari sisi kepala yang dipenuhi gumpalan layaknya buah berry.

Karakteristik tersebut merupakan daya tarik utama dari ikan mas koki jenis ini, sekalipun terlihat menarik.

Di pasaran, satu ekor mas koki lionhead memiliki harga mulai Rp40 ribu saja.

3.  Mas koki black moor 

Jenis mas koki ini tidak kalah menarik dari mas koki lainnya dengan tekstur putih dan merah pada tubuhnya.

Sebab, mas koki black moor memiliki ciri khas yang sangat menarik dengan tekstur warna hitam pekat pada sisik dengan mata yang lebih menonjol.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  12 Jenis Ikan Koi Dan Cara Merawat yang Benar

Kombinasi warna hitam kontrasnya pun terlihat menarik, sekalipun cocok dipadukan dengan jenis mas koki lainnya di akuarium.

Mas koki black moor di pasaran memiliki harga yang cukup menarik, yakni antara Rp200 sampai Rp300 ribu per ekor.

4.  Ikan Mas Koki Bubble Eye 

Kombinasi unik merupakan salah satu ciri khas dari mas koki bubble eye, dengan aksen menyerupai balon pada sisi bawahnya.

Dengan gumpalan tersebut, mas koki bubble eye tampak terlihat unik sekalipun menggemaskan sebagai varias ikan hias di rumah.

Untuk diketahui, harga mas koki bubble eye dengan varietas unggul memiliki banderol sekitar Rp135 ribu.

5.  Celestial Goldfish 

Mas koki celestial mungkin menjadi salah satu ikan mas koki yang sangat familiar karena karakteristiknya yang menonjol.

Satu keunikan dari jenis mas koki ini terlihat dari tonjolan mata yang menghadap ke atas, serta tidak memiliki sirip punggung.

Meski demikian, Celestial Goldfish justru bergerak statis karena tidak memiliki kemampuan berenang maupun penglihatan yang baik.

Umumnya, seekor Celestial Goldfish memiliki harga hingga Rp250 ribu di pasaran.

6.  Mas koki fantail 

Serupa namun tak sama, mas koki fantail mungkin bagi beberapa orang memiliki kemiripan seperti mas koki Ryukin karena tekstur warnanya yang mirip.

Untuk diketahui, mas koki fantail alias ekor kipas memiliki tekstur yang terlihat mengembang, namun memiliki perbedaan pada ekor yang pendek sehingga lebih lincah dalam bergerak.

Adapun, satu ekor mas koki fantail memiliki rentang harga antara Rp125 ribu sampai dengan Rp250 ribu saat ini.

7.  Ikan mas koki Shubunkin 

Komposisi warna yang kaya bertekstur orange, putih dan pola hitam pada sekujur tubuhnya merupakan karakter morfologi dari mas koki shubunkin.

Meski memiliki warna yang unik, harga mas koki shubunkin tergolong sangat terjangkau, yakni mulai Rp25 ribu per ekor.

8.  Mas koki Oranda 

Berdasarkan karakteristik, Mas koki oranda memiliki kemiripan seperti jenis lionhead yang sangat unik, namun memiliki sedikit perbedaan.

Perbedaan tersebut merujuk pada bentuk gumpalan yang hanya tersedia pada bagian atas kepala seperti konde.

Umumnya, mas koki Oranda di pasar ikan hias memiliki harga antara Rp10 ribu sampai Rp50 ribu.

9.  Mas koki komet 

Jenis ikan mas koki komet merupakan salah satu ikan hias yang sangat populer dengan karakteristik menyerupai ikan mas.

Meski bertekstur orange pekat, namun mas koki komet hadir dalam berbagai variasi yang menarik dengan tubuh ramping, khususnya pada sirip dada dan perut.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  7 Cara Merawat Ikan Cupang Yang Baik Dan Benar

Harga mas koki komet juga sangat terjangkau, bahkan harga rata-rata di pasar ikan hias dibanderol sekitar Rp5 ribuan saja.

10.  Ikan mas koki ranchu 

Memiliki tampilan unik nan eksotis merupakan identitas kuat dari mas koki ranchu yang sangat melegenda.

Ikan ini memiliki kombinasi warna yang unik, sekalipun tampil cukup mencolok dengan tekstur oranye pekat pada permukaan kulit.

Selain warna, tubuh mas koki ranchu juga sedikit membungkuk, khususnya pada mutiara maupun jambul di kepalanya.

Adapun, satu ekor mas koki ranchu dihargai sekitar Rp20 ribu sampai dengan Rp40 ribu.

Demikian beberapa referensi jenis mas koki yang bisa kamu simpan di akuarium rumah supaya tampil menarik.

8 Cara Merawat Ikan Mas Koki

1. Pilih wadah

Ikan mas koki bisa ditempatkan di akuarium berbentuk kotak maupun di mangkuk. Tetapi, pastikan ukurannya cukup besar karena peliharaan Anda akan tumbuh besar.

Bila Anda berencana membeli lebih dari satu ikan, membeli akuarium merupakan pilihan yang lebih baik. Ukurannya harus disesuaikan dengan area permukaan yang cukup agar oksigen bisa terserap.

Penentuan besar akuarium juga harus mempertimbangkan kebutuhan ruang untuk meletakkan aksesori. Di samping, ikan memerlukan ruang yang cukup untuk bisa bergerak ke sana ke mari. Ingat, kebanyakan ikan mas koki cukup energik.

2. Tentukan aksesori

Akuarium yang dibeli sebaiknya sudah memiliki penutup. Fungsinya untuk mencegah ikan melompat ke luar atau debu dari luar masuk ke akuarium. Anda juga membutuhkan pompa atau pembuat gelempung agar air terus terisi oksigen.

Aksesori berikutnya adalah filter untuk membersihkan air dari senyawa kimia berbahaya dan limbah. Menaruh batu-batuan di dasar juga dianjurkan karena bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri baik. Anda juga bisa menambahkan tanaman air untuk memecah racun dan menurunkan pertumbuhan alga.

Pilihlah dekorasi yang memungkinkan ikan mas koki bisa berenang melaluinya atau bersembunyi sementara waktu. Jangan taruh benda-benda yang tajam yang bisa membahayakan ikan mas koki Anda.

3. Siapkan Lokasi

Sebelum membeli ikan mas koki, langkah pertama yang harus disiapkan adalah rumahnya terlebih dulu. Saat membersihkan akuarium dan seluruh aksesori, Anda bisa menggunakan detergen yang lembut.

𝙏𝙧𝙚𝙣𝙙𝙞𝙣𝙜  5 Cara Merawat Burung Lovebird Agar Berkualitas

Selanjutnya, letakkan akuarium di tempat yang mendapat sinar matahari tidak langsung pada siang hari. Tata aksesori tersebut di dalamnya sebelum diisi air.

Air yang akan dipakai harus disiapkan terlebih dulu. Anda bisa menggunakan air keran, tetapi harus didiamkan beberapa hari sebelum bisa ditempati agar klorin bisa terlarut sepenuhnya. Air juga sebaiknya didiamkan beberapa hari agar suhunya konstan.

4. Jaga kondisi air

Ikan mana pun butuh air untuk hidup, termasuk ikan mas koki. Maka, perawatan air sangat krusial untuk menjaga kesehatan ikan. Pemakaian filter akan lebih memudahkan untuk menjaga kualitas air.

Anda perlu membuang sebagian air di akuarium dan menggantinya dengan yang baru. Jumlahnya sekitar sepertiga dari isi akuarium. Pastikan air penggantinya sudah didiamkan beberapa hari sebelum Anda mengisinya ke dalam akuarium.

5. Jaga kebersihan akuarium 

Ikan mas koki termasuk ikan yang cukup berantakan. Jadwalkan pembersihan rutin akuarium agar selalu terjaga. Tak hanya itu, Anda juga harus membersihkan semua aksesori, menghilangkan lendir, limbah, dan alga.

6. Cara Memberi Makan

Ikan mas koki cukup diberi makan sekali sehari. Anda bisa membeli beberapa macam jenis pakan di toko dan memberikannya secara bergantian. Berilah pakan secukupnya agar mereka tidak sampai kekenyangan. Pakan yang tidak termakan akan membuat akuarium lebih cepat kotor.

7. Jangan racuni ikan

Tindakan sembrono pemilik bisa berakibat fatal bagi ikan mas koki, seperti menyemprotkan semprotan nyamuk dekat akuarium. Kandungannya bisa meracuni ikan.

Jangan pula menggunakan aksesori berbahan metal di dalam akuarium karena logam bisa terlarut dan meracuni ikan Anda. Hati-hati pula saat menempatkan objek yang Anda ambil dari tepi pantai karena bisa mengandung bakteri jahat.

Terakhir, hindari kebiasaan mengetuk-ngetuk kaca akuarium atau membuat bunyi-bunyian yang berisik karena bisa menyebabkan ikan stres.

8. Perhatikan tanda-tanda kesakitan

Sebagai pemilik, umumnya akan paham ada yang tak beres pada ikan miliknya. Tanda-tandanya bisa terlihat dari tubuh ikan yang bergetar, konstan menggesekkan tubuh pada objek di akuarium, sering muncul ke permukaan, dan berenang tak normal jadi sederet pertanda ikan Anda sakit.

Penyakit yang sering muncul di antaranya, sembelit, berjamur, cacingan,dan busuk sirip. Anda bisa mengobatinya sendiri dengan obat-obatan yang bisa dibeli di toko hewan. Bila tak yakin, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan.